Selasa, 13 Juli 2010

Perbedaan pengaruh antara model pembelajaran pbl (problem based learning) dan pembelajaran konvensional

TINJAUAN PUSTAKA

Konsil Kedokteran Indonesia merupakan suatu badan otonom, mandiri, non struktural, dan bersifat independen, yang bertanggung jawab kepada Presiden RI yang berfungsi pengaturan, pengesahan, penetapan serta pembinaan dokter dan dokter gigi yang menjalankan praktik kedokteran dalam rangka meningkatkan kualitas medis dengan tugas tugas ;

· Melakukan registrasi dokter dan dokter gigi

· Mengesahkan standar pendidikan profesi dokter dan dokter gigi

· Melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan praktik kedokteran .

KKI memiliki visi misi

· VISI ; terwujudnya dokter dan dokter gigi yang professional yang melindungi pasien

· MISI ; Meningkatkan kualitas hidup manusia melalui dokter dan dokter gigi yang professional.

( http;//www.inamc.or.id, 2009)

Kompetensi Kedokteran merupakan layanan kedokteran primer termuat dalam dokumen Konsil yang menjabarkan dalam 7 area kompetensi kedokteran Indonesia (KKI) tahun 2006 yang berjudul “STANDAR KOMPETENSI DOKTER”

· Area kompetensi efektif ; mampu berkomunikasi dengan semua pasien dari segala kalangan

· Area keterampilan klinis ; melakukan prosedur klinis dalam menghadapi pasien

· Area landasan ilmiah ilmu kedokteran ; mengidentifikasi, menjelaskan, menyelesaikan masalah kedokteran secara ilmiah menurut ilmu kedokteran

· Area pengelolaan masalah kesehatan ; mengelola kesehatan individu, keluarga, masyarakat, secara komprehensif, holistic, bersinambung, koordinatif, dan kolaboratif dalam konteks pelayanan primer

· Area pengelolaan informasi ; mengakses, mengelola, menilai secara kritis, dan kemamputerapan informasi untuk menjelaskan, atau bahkan mengambil keputusan

· Area mawas diri dan pengembangan diri ; melakukan praktik dengan kesadaran, dan keterbatasanya, mengatasi masalah emosional, personal, kesehatan, dan kesejahteraan, yang dapat mempengaruhi profesinya, belajar sepanjang hayat.

· Area etika, moral, medikolegal, dan profesionalisme serta keselamatan pasien ; berprilaku professional, dalam praktik kedokteran, serta mendukung kebijakan kesehatan, beretika dan memahami isu etik maupun medikolegal dalam praktik kedokteran, menerapkan program keselamatan pasien

(www. Ilunifk.com, 2009)

KBK merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan kompetensi, tugas tugas atau standar atau standar dengan performansi tertentu sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh mahasiswa berupa penguasaan seperangkat kompleks tertentu.

(Dr. E Mulyasa, 2002)

KBK merupakan rencana dan pengetahuan tentang kompetensi dan hasil belajar, serta perbandingan sumber daya pendidikan. ( Mansur muslich, 2007)

Kurikulum adalah “rencana program pendidikan yang akan diberikan kepada mahasiswa agar mereka menjadi lulusan sesuai dengan harapan. Sedangkan yang dimaksud dengan kompetensi adalah “kemampuan yang diperoleh mahasiswa sebagai akibat mengikuti pendidikan yang telah direncanakan.” Dengan demikian, secara sederhana dapat dipahami bahwa KBK adalah kurikulum yang disusun berdasarkan kompetensi kelulusan. ( http://www.ditpertais.net, 2009)

PBL merupakan Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu metode pembelajaran yang didasarkan pada prinsip bahwa masalah (problem) dapat di gunakan sebagai titik awal untuk mendapatkan ataupun untuk mengintegrasikan ilmu (knowledge) baru. Dengan demikian, masalah yang ada digunakan sebagai sarana agar mahasiswa dapat belajar sesuatu yang menyokong keilmuan.

Karakteristik PBL adalah

· Kompleks

· Mahasiswa bekerja dalam kelompok

· Mahasiswa mengumpulkan informasi baru melalui pembelajaran yang diarahkanya sendiri

· Dosen hanya sebagai fasilitator

· Menekankan pada tanggung jawab sendiri

· Bersifat disiplin

· Memadukan teori dan praktek

(http://www.ditnaga-dikti.org,2009)

Seven jump merupakan 7 langkah dalam menjalankan metode pembelajaran PBL, yaitu ;

1. Identifikasi dan klarisifikasi istilah dalam konsep yang belum dipahami.

2. Menentukan masalah yang didiskusikan

3. Sesi brainstorming untuk mendiskusikan daftar masalah yang telah disepakati, notulis mencatat hasil

4. Memeriksa langkah 2 dan 3 dan menyusun penjelasan tersebut menjadi solusi sementara.

5. Perumusan sasaran belajar

6. Belajar mandiri

7. Kelompok berdiskusi mengenai informasi yang telah mereka dapatkan. Pada akhirnya semua masalah dapat diselesaikan dan dan notulis mencatat.


PEMBAHASAN

1. Kelebihan dan kekurangan PBL

Dengan system PBL, kita memang dapat memecahkan masalah, belajar aktif dan mandiri, berperan kreatif dan kritis, mampu mengidentifikasi, bekerjasama serta menambah skill kepemimpinan, namun PBL juga memiliki kekurungan kekurangan, hal ini disebabkan karena PBL merupakan metode pembelajaran baru yang hasilnya belum kita lihat,

PBL dipilih karena karena dapat menunjang segala tujuan KBK, semua tujuan PBL hanya bias diwujudkan apabila mahasiswa menjalankan semua tuntutanya seperti harus aktif, kritis dsb. Jika tidak demikian, mahasiswa tidak dapat mencapai PBL dan akan tersisih, karena pada dasarnya mahasiswa memiliki cara belajar masing masing untuk pencapaian ilmunya.

Selain itu, bagaimana dengan mahasiswa yang sudah bertahun tahun belajar dengan system konvensional ? dengan di terapkanya PBL mereka harus mengubah total cara pembelajaranya.

1. Apa yang dimaksud dengan sistim Kompetensi dokter ?

Semua kompetensi kedokteran yang telah ditetapkan KKI harus bias dicapai tanpa terkecuali, karena standar kompetensi tersebut sudah menjadi dasar atau acuan seseorang untuk menjadi seorang “Dokter”

2. Apa manfaat PBL ?

Manfaat metode PBL adalah sebagai metode pembelajaran seorang mahasiswa yang menggunakan system Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan mahasiswa dapat merasakan pencapaian belajar berupa penguasaan seperangkat kompetensi tertentu.

3. Apa keunggulan dari system KBK ?

Dengan sisten KBK, mahasiswa jadi memiliki tujuan pembelajaran yang lebih jelas dan teratur, sehingga kompetensi kompetensi yang di tetapkan dapat dipelajari dengan efektif dan efisien,

4. Apa itu system konvensional ?

Sistem konvensional merupakan system belajar yang searah, dimana berbasis pada masalah yang diberikan dan diatur oleh dosen sendiri, mahasiswa hanya mencari apa yang di identifikasi dokter .

5. Apakah system system PBL merupakan penyempurnaan dari konvensional ?

Iya, karena PBL merupakan hasil dari penelitian insane pendidikan dunia, banyak penelitian tidak hanya di bidang kedokteran, tetapi di fakultas selain kedokteran sudah mulai menjalankan PBL, karena di anggap lebih terarah, efektif dan efisien. Penelitian tersebut membandingkan antara siswa dengan metode pembelajaran searah dan PBL. Siswa dengan metode PBL lebih baik.

PBL memang memiliki kekurangan kekurangan, tetapi lebih banyak kelebihan yang didapat dari perubahan system ini. Seperti pembelajaran kepemimpinan, kreativitas, kedisiplinan dan lain lain.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar